Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata. Jangan salah, mata juga termasuk organ tubuh yang harus dijaga, lho. Coba bayangkan jika mata kita rusak, bisa jadi Anda akan kehilangan indra penglihatan yang amat sangat penting. Anda tidak lagi bisa melihat warna-warni dunia. Anda tidak bisa melihat teduhnya wajah orangtua kita. Hal ini tentu akan sangat menyedihkan, bukan? Untuk itu, kita tidak boleh mengesampingkan kesehatan mata. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tetap diharuskan untuk menjaga kesehatan mata. Tanpa Anda sadari, penggunaan kosmetik yang berlebihan sangat berpotensi untuk merusak mata. Sebelum semua itu terjadi, lakukan perawatan rutin seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Hindari penggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam

Untuk Anda yang memiliki masalah mata minus, Anda boleh menggunakan lensa kontak. Akan tetapi, penggunaan lensa kontak tidak boleh terlalu lama. Waktu penggunaan lensa kontak maksimal adalah 19 jam. Setelah itu, silahkan istirahatkan mata dengan melepas lensa kontak. Selain itu, Anda harus rutin membersihkan lensa kontak. Jika Anda lalai menjaga kebersihan lensa kontak, benda ini justru bisa ditumbuhi ratusan bakteri yang berpotensi merusak mata.

  1. Kurangi pemakaian obat tetes mata

Obat tetes mata menjadi salah satu obat penting untuk mengatasi iritasi mata. Akan tetapi, gunakan obat ini hanya ketika terjadi iritasi atau mata merah. Artinya, penggunaannya hanya boleh sesekali saja. Jika Anda terlalu sering menggunakan obat tetes mata, dikhawatirkan jaringan mata bisa terganggu akibat terlalu banyak paparan obat kimia.

  1. Masker Mata dari Mentimun

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Untuk mengatasi kelelahan pada mata, Anda bisa menggunakan mentimun untuk masker. Caranya sangat mudah. Cukup iris tipis mentimun dingin dan letakkan di atas kelopak mata. Diamkan selama 10 menit. Gunakan masker mata ini pada malam hari sebelum tidur untuk mencegah mata bengkat atau mata panda.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur-Sayuran

Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi, di antaranya vitamin dan antioksidan, yang sangat tinggi. Untuk menjaga kesehatan mata, silahkan banyak-banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin dan antioksidan, seperti wortel, tomat, mangga, dan lain sebagainya.

  1. Hindari terlalu lama berada di depan komputer atau gadget

Seperti yang kita tahu bersama, paparan laptop atau gadget mengandung sinar biru yang tidak baik untuk mata. Oleh karena itu, usahakan Anda tidak terlalu lama berada di depan layar. Jika memang pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk  berlama-lama di depan layar, Anda bisa beristirahat setiap 2 jam sekali selama kurang lebih 10 menit. Dengan begitu, kelelahan pada mata bisa diatasi.

  1. Jangan membaca di ruangan yang minim cahaya

Supaya mata tetap sehat, sebisa mungkin hindari membaca di tempat yang redup. Hal ini bisa membuat mata menjadi tegang dan terasa sangat lelah. Ketika di ruangan yang redup, sebaiknya hentikan aktivitas membaca.

  1. Jangan melihat langsung ke matahari

Saat terik, matahari memancarkan sinar yang sangat menyengat. Jangan pernah mencoba melihat matahari saat cahayanya sedang terik. Melihat langsung ke arah matahari bisa merusak mata Anda. Saat terjadi gerhana matahari, Anda tidak boleh menyaksikan gerhana dengan mata telanjang. Anda harus menggunakan kacamata khusus atau kacamata anti UV supaya tidak terkena efek buruk dari cahaya matahari.

Demikian adalah 7 cara khusus dan sangat mudah untuk menjaga dan merawat mata agar tidak rusak. Lakukan perawatan yang tepat supaya mata tetap terlindungi dengan baik.

 

BACA JUGA: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru