Tips Menjaga Kesehatan Lambung. Lambung merupakan organ tubuh yang berotot yang letaknya pada perut bagian kiri atas atau di antara usus halus dan esofagus. Lambung sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang punya fungsi sangat vital, yaitu sebagai pendukung utama sistem pencernaan.

Salah satu fungsi dari lambung adalah untuk mengeluarkan asam dan juga enzim yang mencerna makanan yang masuk ke tubuh. Beberapa penyakit yang mengganggu lambung dan diderita hampir sebagian besar masyarakat dunia adalah penyakit asam lambung. Agar lambung senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai masalah, Anda wajib melakukan beberapa hal berikut ini. Inilah tips menjaga kesehatan lambung yang harus Anda terapkan sehari-hari.

  1. Mengunyah makanan

Sistem pencernaan makanan sebenarnya dimulai dari mulut. Anda harus mengunyah makanan sampai halus supaya memudahkan pekerjaan lambung untuk mencerna makanan. Dengan begitu, tubuh pun bisa berfokus ke tugas-tugas lainnya.

  1. Olahraga secara teratur

 Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Olahraga secara teratur dapat membuat makanan bergerak di sistem pencernaan sehingga mengurangi risiko sembelit. Selain itu, olahraga secara teratur juga bisa membantu Anda untuk mempertahankan berat badan. Berat badan yang ideal akan mendukung proses pencernaan agar tetap sehat seperti sedia kala.

  1. Konsumsi makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian, bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti wasir, diverticulosis, iritasi usus besar, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang sedang diet, konsumsi serat ini juga penting untuk menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Batasi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak

Makanan berlemak bisa memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda lebih rentan terkena sembelit. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak. Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang berlemak, tetapi dengan jumlah yang sedikit. Setelah mengonsumsi makanan berlemak, Anda bisa imbangi dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang berserat tinggi. Dengan begitu, proses pencernaan akan tetap bisa dilakukan dengan baik. Anda pun bisa mengurangi risiko gangguan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Makan Tepat Waktu

Jika tidak ingin menderita maag, maka Anda harus membiasakan diri untuk makan tepat waktu. Untuk menjaga kesehatan jantung, mulai sekarang ubah kebiasaan buruk menunda makan dengan makan tepat waktu. Jadwal makan yang teratur bisa membantu organ pencernaan, khususnya lambung, tetap dalam keadaan prima. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk membuat jadwal makan Anda sendiri dan menaati setiap jadwal yang sudah Anda buat. Makan tepat waktu juga penting dibiasakan, khususnya Anda yang menderita penyakit maag.

  1. Batasi rokok, kafein, dan juga alkohol

Rokok, kafein, dan alkohol bisa mengganggu fungsi sistem pencernaan Anda. Tak hanya itu, ketiganya juga bisa menyebabkan berbagai masalah lambung seperti asam lambung naik, maag, tukak lambung, dispepsia, gastrik, dan banyak penyakit lambung lainnya. Zat beracun di dalam rokok pun bisa mengikis permukaan lambung dan menyebabkan sistem pecernaan menjadi terganggu. Sementara kafein dapat memicu masalah lambung yang lebih buruk. Lalu, alkohol sudah sangat terkenal sebagai salah satu racun yang banyak dikonsumsi manusia.

  1. Mengelola Stress

Stress tidak hanya dapat mempengaruhi sisi psikis Anda. Stress juga bisa memicu munculnya berbagai masalah lambung. Ketika seseorang sedang stress, lapisan mukosa lambung menjadi lebih rendan sehingga dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Kelola stress dengan baik agar tidak menimbulkan masalah lambung.

 

BACA JUGA: Ragam Cara Perawatan Rambut Dengan Baik